XSR pertama kali ada pada 2016. Sekarang motor ini kembali dirilis dengan begitu banyak ubahan, tapi tetap pada benang merahnya.
Saat ini, XSR900 disebut punya desai body paling ringan dan ringkas di kelasnya. Body itu dibuat menggunakan teknologi Controlled Filling.
Baca Juga: Yamaha Force Kasih Perlawanan ke Honda ADV
Desain tangki BBM XSR900 terinspirasi dari road racer Grand Prix era 80-an dari Yamaha. Terlihat ada juga lubang udara ke intake buat membantu meningkatkan efisiensi mesin.
Yang paling beda adalah posisi berkendaranya karena XSR900 2022 punya setang lebih rendah untuk agresivitas. Posisi duduk juga lebih mundur, hampir di atas ban belakang.
Motor ini punya mesin CP3 889 cc 3-silinder. Mesin itu diklaim mengeluarkan tenaga 87,5 kW (119 PS) pada 10.000 rpm dan torsi 93,0 Nm.
XSR900 juga sudah dilengkapi sistem kontrol elektronik paling canggih dari Yamaha. Sistem ini sudah ada di Yamaha R1 sejak 2015, tapi lebih canggih dan lebih kecil dari segi dimensi dan bobot.