MotoGP jadi ajang balap motor yang paling bergengsi di dunia. Seperti yang sudah lo tahu kalo ajang ini selalu menarik perhatian para pecinta otomotif, terutama anak-anak muda yang hobi banget nonton balapan. Salah satu elemen penting yang bikin MotoGP seru adalah jenis ban yang dipake para pembalapnya.

banner-ads

Lo pasti sering banget kan liat ban motor Marc Marquez yang halus dan botak, kan? Nah, kali ini kita bakal kupas tuntas jenis ban MotoGP dan kenapa sih ban mereka harus halus dan botak kayak gitu. Yuk, kita simak!

Jenis Ban MotoGP

Ban Slick

Ban slick itu ban yang paling sering lo lihat di balapan MotoGP. Ban ini nggak punya alur atau pattern, makanya permukaannya halus banget. Ban slick dirancang khusus buat kondisi trek kering. Kenapa halus? Karena ban halus punya grip atau daya cengkeram yang lebih baik di aspal kering. Ini bikin motor bisa melaju lebih cepat dan stabil di tikungan.

Ban Intermediate

Baca Juga: Wolverine & Deadpool: 24th diperankan Hugh Jackman

Ban intermediate atau biasa disebut ban inter ini jadi salah satu ban yang punya alur tipis. Ban ini dipakai kalau kondisi trek nggak sepenuhnya kering tapi juga nggak terlalu basah. Jadi, kalau cuaca lagi nggak jelas, ban inter ini bisa jadi pilihan yang tepat. Alur tipisnya bikin air di trek bisa terbuang, tapi tetap memberikan grip yang lumayan oke.

Ban Basah (Wet Tyres)

Ban basah adalah ban yang dipakai waktu hujan atau kondisi trek lagi basah banget. Ban ini punya alur yang dalam buat buang air di trek, jadi motor tetap bisa cengkeram aspal dengan baik. Kalau nggak pakai ban basah pas hujan, bisa-bisa motor tergelincir dan jatuh. Ban basah ini kayak solusi terbaik buat kondisi trek yang licin karena air.
Jenis Ban & Dibalik Alasan Tipe Ban MotoGP Halus dan Botak
SOURCE: Motorplus

Ban Kualifikasi

Selain ban buat balapan, ada juga ban kualifikasi yang biasanya dipakai cuma buat sesi kualifikasi. Ban ini dirancang buat performa maksimal dalam waktu singkat. Makanya, daya cengkeramnya super kuat, tapi umur pakainya pendek. Ban kualifikasi biasanya cepat aus dan nggak dipakai buat balapan utama.

Ban Spesial (Special Tyres)

Kadang-kadang, ada ban yang dibuat khusus buat kondisi trek tertentu atau strategi tertentu dari tim balap. Ban spesial ini bisa punya karakteristik yang unik, misalnya punya alur yang aneh atau kompon yang beda. Tujuannya buat ngasih keunggulan di kondisi yang spesifik.

Kenapa Ban MotoGP Halus dan Botak?

Lo pasti penasaran kenapa ban MotoGP bisa halus dan botak, kan? Nah, ini dia alasannya:
Jenis Ban & Dibalik Alasan Tipe Ban MotoGP Halus dan BotakSOURCE: LAZone.id

Grip Maksimal di Trek Kering

Baca Juga: 4 Kompetisi Yang Bakal Ngeramein Battle Royale LA Streetball

Seperti yang gue bilang tadi, ban halus alias ban slick punya daya cengkeram yang maksimal di trek kering. Tanpa alur, seluruh permukaan ban bisa kontak langsung dengan aspal. Ini bikin motor kendaraan lebih stabil dan bisa cornering dengan kecepatan tinggi.

Pengurangan Panas

Ban halus membantu mengurangi panas yang dihasilkan saat balapan. Panas berlebih bisa bikin ban lebih cepat aus dan mengurangi performa. Dengan permukaan halus, distribusi panas jadi lebih merata dan ban bisa bertahan lebih lama.

Kompon Khusus

Ban MotoGP dibuat dari bahan khusus yang dirancang buat performa tinggi. Kompon ban ini bisa lebih cepat mencapai suhu optimal, jadi gripnya langsung maksimal begitu start. Ini beda sama ban motor biasa yang butuh waktu lebih lama buat panas.
Kompon Khusus ban pembalap motoGP

Kondisi Trek yang Konsisten

Balapan MotoGP biasanya diadakan di trek yang punya kondisi aspal yang konsisten dan kualitasnya tinggi. Makanya, ban halus lebih efektif karena nggak perlu adaptasi dengan kondisi jalan yang macem-macem kayak di jalan raya.

Pilihan Ban dan Strategi Balap Gresini Racing

Pemilihan ban dalam MotoGP nggak cuma soal kondisi trek, tapi juga strategi tim balap. Misalnya, kalau cuaca nggak menentu, tim bisa pilih ban intermediate atau bahkan switch ke ban basah saat balapan berjalan. Strategi ini bisa bikin perbedaan besar dalam hasil balapan.

Baca Juga: Tuan Tigabelas Siap Gebrak LAStreetball Battle Royale Malang

Tim Gresini Racing, pakai ban yang disediakan oleh Michelin, yang jadi penyedia resmi ban di MotoGP sejak 2016. Ban yang digunakan biasanya slick untuk kondisi kering, sementara untuk kondisi basah atau intermediate, mereka pakai ban wet. Ukuran ban depan biasanya 120/70 R17 dan belakang 200/60 R17, yang udah distandarin.Selain ukuran, komposisi karet ban juga penting, dengan pilihan soft, medium, dan hard. Tekanan ban juga diatur dengan presisi untuk performa maksimal. Tim Gresini sering kerja bareng produsen ban buat nyesuain spesifikasi sesuai kebutuhan balapan mereka.
Jenis Ban & Dibalik Alasan Tipe Ban MotoGP Halus dan Botak
Ban MotoGP memang punya peran penting banget dalam menentukan performa motor dan hasil balapan. Dari ban slick yang halus buat kondisi kering, sampai ban basah yang penuh alur buat kondisi hujan, setiap jenis ban punya fungsi dan strategi tersendiri.

Dan alasan kenapa ban MotoGP halus dan botak ternyata buat ngasih grip maksimal, ngurangin panas, dan bikin performa motor jadi optimal di setiap balapan. Jadi, sekarang lo udah ngerti kan, kenapa ban MotoGP bisa halus dan botak? Seru banget, kan?

Oiya, buat lo yang mau terus update tentang MotoGP dan dunia permotoran, jangan lupa follow Instagram @boldriders dan @lazone.id. Di sana sering ada kuis, pengumuman seru, atau giveaway. Yuk, langsung follow sekarang!