banner-ads

Honda CX dikenal sebagai motor dengan tata letak mesinnya yang unik, poros penggeraknya dan bukan soal kinerjanya. Masih membingungkan bagaimana motor itu jadi favorit para modifikator.

Jika ada builder yang bisa diandalkan, tentu saja itu adalah NCT Motorcycles. Builder Austria itu tak pernah gagal dan punya kemampuan untuk menghitung setiap detail.

CX500 tahun 1978 ini adalah sebuah proyek tanpa klien, sesuatu yang biasa dilakukan NCT untuk membuat pikiran mereka tetap segar. Bos toko David Widmann menuliskan desainnya, menarik inspirasi dari Konsep CB1100 TR.

Honda CX Racer Yang Agresif

Dengan arah yang jelas di atas meja, tim tersebut mulai bekerja, melucuti Honda sampai ke dasar. Daya tarik CX dihancurkan oleh tangki yang melengkung ke belakang dan subframe yang aneh.

Mereka melepaskan bagian belakang frame, melepaskan pengaturan suspensi CX. Lengan ayun diganti dengan poros suspensi dan unit shock Ohlins baru.

Bagian atas, NCT membangun subframe yang lebih sederhana dan lebih tajam. Mereka juga memasang sepasang LED Motogadget multi-purpose yang rapi.

Honda CX Racer Yang Agresif

Tangki bahan bakar asli masih dipertahankan meski bentuknya kini tengah diubah. Front end dipakai up side down milik Ducati 749.

Mereka juga mengupgrade setup rem depan dengan sistem Brembo baru, menghubungkannya ke master Magura.

Ketika sampai ke mesin, kru memilih penyegaran ketimbang upgrade yang serius. Mereka membuang kotak udara menggantinya dengan seperangkat filter kerucut.

Bagian tersulitnya adalah membangun knalpot! Mereka membuatnya dari bahan stainless steel, termasuk muffler. Pipa itu meluncur ke bagian belakang, seperti menggantung. Knalpot itu terlihat memperkuat garis baru Honda yang agresif.