Saat ini, untuk membuat sebuah sepeda sudah tidak perlu repot lagi. Jika sebelumnya memerlukan bahan steel atau yang lainnya kemudian disambung dengan teknik las, kini berbeda.banner-ads

Sekarang membuat sepeda tidak perlu lagi manufaktur yang besar untuk molding dan lain-lain, cukup dengan printer dan desain digital.

Ini adalah sepeda yang dibuat dengan printer 3D dari Superstrata. Project ini dibuat oleh Sonny Vu dari perusahaan teknologi Silicon Valley.

Seperti yang kita tahu, printer 3D bekerja seperti mesin cetak pada umumnya. Hanya saja, hasil cetakan dibuat bertumpuk dari proses pelelehan.



Khusus sepeda ini, Superstrata membuatnya dari bahan dasar karbon. Part yang dicetak dengan printer 3D meliputi frame, fork sampai velg.

Biasanya, untuk sepeda karbon lainnya pasti akan dipatok harga tinggi karena membutuhkan molding yang berbeda setiap jenis sepeda. Selain itu, sepeda dengan bahan dasar karbon juga perlu dikerjakan secara manual, sehingga hasilnya tergantung oleh skill pembuatnya.

Kalau sepeda karbon dengan printer 3D, semua masalah itu terjawab. Sepeda ini cuma butuh file digital kemudian dicetak. Selesai

Untuk kualitas, sama dengan bahan karbon lainnya. Serat karbon dikenal dengan kekuatannya dan bobot yang ringan. Sepeda ini pas untuk lo yang mengutamakan kecepatan.

Cuma sayangnya sepeda ini belum dijual secara massal. Kalau tidak ada kendala, pemesanan baru bisa dilakukan pada akhir 2020.

Meski startup, tapi project ini dikabarkan mendapatkan dana besar untuk bisa terwujud. Superstrata sudah mengantongi uang hingga 7,2 juta dollar atau Rp 105 miliar untuk pengembangannya.