Apa kabar anak muda! Lo pasti udah pernah denger tentang MotoGP di Indonesia kan? Nih, bayangin aja deru mesin motor balap yang bikin bulu kuduk merinding, pembalap top dunia kayak Marc Marquez ngebut di sirkuit keren, dan kerumunan fans yang histeris. Seru abis deh! MotoGP di Indonesia nggak cuma soal balapan, tapi juga punya cerita panjang yang bikin lo penasaran.

Nah, di artikel ini, kita bakal ngobrol santai tentang perjalanan seru MotoGP di negara kita tercinta. Mulai dari sejarahnya yang bikin nostalgia, upaya buat balikin kejayaan balap motor di Indonesia, sampe kebangkitan balapan internasional yang bikin bangga. Kita juga bakal intip Sirkuit Mandalika yang keren abis dan jadi tempat Grand Prix terbaru. Siap-siap aja, bakal ada banyak fakta seru yang bikin lo makin cinta sama dunia balap motor!

Sejarah MotoGP di Indonesia

Sejarah MotoGP di Indonesia
SOURCE: ligaolahragabanner-ads

Lo tau nggak sih kalo MotoGP di Indonesia punya sejarah yang seru banget? Nih, gue kasih tau deh. Jadi, dulu banget, tepatnya tahun 1996 dan 1997, Indonesia udah pernah jadi tuan rumah balapan kelas dunia loh. Keren kan? Waktu itu, balapannya digelar di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, yang nggak jauh dari Jakarta.

Tapi sayangnya, krisis finansial Asia tahun 1997 bikin Indonesia harus mundur dari kalender balapan. Sedih banget deh! Tapi tenang, bro. Setelah absen lama, akhirnya MotoGP balik lagi ke Indonesia. Tepatnya tahun 2022, di Sirkuit Jalanan Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah. Sirkuit ini keren abis, panjangnya 4,313 km dengan 17 tikungan. Bayangin aja lo nonton Marc Marquez ngebut di sana!

Upaya Membawa Kembali MotoGP ke Indonesia

Sirkuit Mandalika MotoGP IndonesiaSOURCE: selongselo

Lo tau nggak sih, Indonesia udah lama banget pengen balikin kejayaan MotoGP nih? Nah, awalnya ada rencana buat nge-upgrade Sirkuit Sentul, tapi gagal. Terus, muncul deh ide baru yang lebih keren!

Tahun 2018, Carmelo Ezpaleta, bos Dorna, dateng ke Mandalika. Abis itu, bam! Tahun 2019 diumumin kalo Mandalika bakal jadi tuan rumah MotoGP dan World Superbike Championships mulai 2021 selama lima tahun. Keren abis kan?

Sirkuit Mandalika ini panjangnya 4,32 kilometer dengan 17 tikungan. Yang bikin unik, sebagian besar infrastrukturnya bisa dilepas, jadi bisa berubah jadi jalan biasa pas nggak ada balapan. Pit buildingnya juga bisa dipake buat konferensi dan pameran. Multifungsi banget!

Tapi, bro, perjalanannya nggak mulus. Pandemi COVID-19 bikin pembangunan jadi molor. Bahkan, banyak ahli yang harusnya ngawasin pembangunan nggak bisa dateng langsung. Mereka terpaksa ngawasin lewat drone dan Zoom. Gokil kan?

Kebangkitan Balapan Internasional di Indonesia

Lo pasti udah nggak sabar buat ngomongin kebangkitan balapan internasional di Indonesia kan? Nih, gue kasih tau, setelah absen 25 tahun, MotoGP akhirnya balik lagi ke negara kita tercinta. Keren abis!

Sirkuit Mandalika yang panjangnya 4,3 kilometer jadi tempat berlangsungnya balapan seru ini . Meskipun sempet ada masalah waktu tes bulan lalu, tapi tenang aja, semuanya udah dibenerin kok. Pemerintah Indonesia jamin kalo trek udah siap buat balapan. Yang bikin makin seru, MotoGP Indonesia di 2024 ini bakal penuh sesak sama penonton. Nggak heran sih, soalnya Indonesia emang surganya penggemar motor.

Nah, sobat balap, kita udah ngebahas perjalanan seru MotoGP di Indonesia nih. Dari nostalgia Sirkuit Sentul sampe kebangkitan di Mandalika yang bikin bangga, MotoGP di negara kita emang punya cerita yang keren abis. Lo bisa liat gimana Indonesia punya semangat buat ngebalikin kejayaan balapan internasional, meskipun banyak rintangan yang harus dihadapi.

Yang pasti, balapan MotoGP di Indonesia nggak cuma soal nonton motor ngebut doang. Ini juga punya pengaruh gede buat pariwisata dan ekonomi kita. Jadi, kalo lo penggemar balap motor, siap-siap aja buat nonton aksi seru para pembalap top dunia di Sirkuit Mandalika. Gue yakin, MotoGP di Indonesia bakal makin seru dan bikin kita makin bangga sama negara tercinta ini!

Nah, kalo lo pengen tau info-info terbaru seputar komunitas motor ataupun berita MotoGP Mandalika 2024, lo wajib banget follow Instagram Bold Riders sekarang juga!

Baca Juga: GP Mandalika 2024: Info Balapan dan Lokasi Sirkuit