Pertanyaan itu sering disampaikan oleh para pesepeda yang menggunakan fixie. Apalagi, sekarang beberapa dari mereka sudah mulai menggunakan sepeda single speed itu buat harian.

banner-ads

Ukuran ban buat sepeda fixie memang bervariasi, tapi lo harus pilih yang nyaman untuk mobilitas harian. Apalagi, jalan aspal di Indonesia belum bisa dibilang mulus.

Baca Juga: Naik Fixie Nggak Sesederhana Sepedanya

Kalau lo punya bobot ringan dan nggak bawa barang yang berat setiap hari, ukuran 700C x 23 atau 25 cukup disarankan. Ukuran ini memberikan lo fleksibilitas dan bisa melaju cepat di atas aspal.

Tapi kalau lo memakai sepeda untuk keperluan sehari-hari sambil membawa bobot yang lumayan, seperti laptop, baju ganti dan barang lainnya, sebaiknya sih pilih ukuran lebih besar, misal 700C x 26 atau bahkan 28.

Makin tipis ban memang ngasih penampilan yang lebih oke buat fixie. Tapi lo nggak perlu khawatir buat pakai ban yang lebih tebal, karena tetap bisa terlihat manis kok.

Caranya pakai ban yang sewarna dengan rims. Kalau warna keduanya berbeda ketebalan ban bakal jelas terlihat.

Pemilihan ban untuk fixie harian nggak cuma melihat kondisi aspal, ya. Ban buat fixie harian juga harus dipikirin soal keamanan saat hujan. Lo juga bisa memilih ban dengan profil sedang untuk melibas semua cuaca di Indonesia.