Ya kalau lo bawa ban dalam cadangan sih mungkin masalahnya nggak terlalu besar, tapi kalau jadinya harus dorong sepeda pasti bikin kesel juga.
Makanya lo harus rutin cek tekanan angin sepeda lo. Tekanan angin nggak bisa salah ukuran, nggak boleh terlalu tinggi juga nggak boleh terlalu rendah.
Baca Juga: Karat di Frame Sepeda Bisa Jadi Keren
Kalau lo maksain ban sepeda yang kurang angin buat tetap jalan, efek paling cepet yang lo rasain ya di diri lo sendiri. Ban kempes bakal bikin lo lebih berat mengayuh.
Efek lain yang bisa lo dapetin secara instan mungkin ban bocor atau bahkan pinch flat. Apa tuh?
Pinch flat adalah kondisi saat ban dalam sepeda lo terjepit oleh ban luar. Kondisi ini biasanya terjadi karena kurang angin ditambah kena benturan keras.
Pinch flat punya dua lubang sekaligus. Dua titik itu sama-sama menghantam benda keras yang sama, rims atau bisa juga batu.
Kalau posisi lubang ada di badan ban dalam, lo bisa menambalnya untuk sementara waktu sebelum mengganti ke yang baru. Tapi kalau ada di gari sambungan itu yang bikin PR.
Kalau sudah begini nggak ada pilihan lain selain menggantinya dengan yang baru.