Buat lo yang lagi ketagihan bersepeda biasanya ada rasa untuk memakai sepeda menjadi alat transportasi sehari-hari. Tapi masalahnya sepeda yang ada sekarang kurang nyaman buat harian.banner-ads

Tenang, lo bisa punya satu lagi sepeda di garasi dengan biaya yang nggak mahal. Solusi dari masalah itu ya Commuter Bike.

Sesuai namanya, sepeda ini cocok banget buat dipakai harian. Lo bisa ngelakuin banyak kegiatan dengan mengandalkan sepeda ini.

Yang lo butuhin pertama sudah pasti adalah frame. Lo bisa cari frame jadul yang keren, misalnya Federal, Polygon, Raleigh atau yang lainnya.

Jangan habiskan semua budget untuk frame, karena lo butuh biaya buat part lainnya. Frame dengan brand-brand tadi bisa lo dapetin di marketplace dengan kisaran Rp 700 sampai Rp 2 jutaan.



Setelah frame lo juga bisa cari sekalian untuk seatpost, saddle dan stem.

Selanjutnya lo mulai cari wheelset. Ukuran paling nyaman untuk Commuter Bike biasanya 26 inci. Buat wheelset biasanya bisa lo pinang dengan harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah juga. Tapi lagi-lagi, nggak perlu beli yang mahal untuk part yang satu ini.

Untuk ban yang melapisi wheelset lo bisa pilih yang hybrid. Ban dengan kategori ini nyaman dipakai di aspal tapi juga sanggup melibas bebatuan atau bahkan tanah.

Yang nggak boleh terlewat juga handle bar. Pilih yang senyaman mungkin dan sesuai dengan postur badan. Kalau mau ngejar gaya jadul lo bisa coba handlebar jengki yang harganya masih ramah di kantong.

Buat penunjang sepeda biar jauh lebih nyaman saat dibawa harian, pilih groupset yang oke. Nggak perlu juga pakai Shimano SLX atau Deore, Shimano Altus atau Acera juga sudah cukup buat Commuter Bike. Atau kalau dana lebih mepet lagi, Shimano Tourney TZ juga bisa dijadikan pilihan.

Yang terpenting dari pemilihan groupset selain kondisinya sehat, sebisa mungkin jangan belang. Kalau lo mau pakai Shimano Altus, sebaiknya mulai shifter, FD, sampai RD ya pakai level yang sama.



Untuk menunjang fleksibilitas, lo bisa tambahkan beberapa aksesoris seperti keranjang di bagian depan dan bracket di bagian belakang.