Salah satunya, lo pasti udah nggak asing lagi sama motor touring honda. Motor ini emang juara banget buat touring jauh-jauh, bikin lo makin pede di jalan. Mau tahu lebih lanjut tentang motor-motor favorit lainnya? Langsung aja gas terus bacanya, bro!
1. Gold Wing Tour DCT
Motor besar pertama yang lo mesti kenal adalah Honda Gold Wing. Nah, ini motor yang udah jadi legenda buat anak touring. Bukan cuma karena bodinya yang gede, tapi fitur-fiturnya juga mewah abis!
Baca Juga: Formasi Touring yang wajib diketahui Komunitas Motor
Gold Wing pertama kali nongol tahun 2004, dan lo tau gak? Di tahun 2018, Honda ngeluarin versi terbarunya yang makin canggih. Mesin 6 silinder udah dipasangin sama sistem transmisi DCT alias otomatis, bro! Dan kapasitas mesinnya? Gila, 1.800 cc! Makanya, suara Gold Wing ini bener-bener gahar dan siap ngehajar jalanan kapan aja lo mau.
SOURCE: Rider Magazine
Gold Wing 2018 ini udah canggih banget, bro! Semua lampunya LED, jadi lo gak perlu khawatir buat touring malam hari, pencahayaannya udah mantap. Tangki bensinnya juga gede, bisa nampung 21 liter, jadi lo gak sering-sering deh mampir ke pom.
Desainnya? Makin sporty dengan lampu depan model winglines. Di belakang, ada saddlebags yang muat barang sampai 110 liter, cocok banget buat lo yang suka bawa banyak barang. Plus, bobotnya cuma 380 kg, bikin handling gampang dan manuver makin luwes. Gokil kan?
2. CRFL100L Africa Twin
Buat lo yang suka petualangan pakai motor gede, Honda CRFL100L Africa Twin ini pilihan paling pas! Motor adventure ini bisa adaptasi di segala medan, jadi touring jadi makin asik. Soal mesin, CRFL100L Africa Twin ini dibekali 998 cc dengan tenaga 79 kW di 7.500 rpm, dan torsi 98 Nm di 6.000 rpm. Performanya mantap banget, apalagi ada teknologi HSTC yang bikin makin stabil di jalan.
SOURCE: Honda Community
Soal harga, lo bisa pilih nih, versi manual dibanderol Rp469 juta, sedangkan yang DCT harganya Rp499 juta. Fitur-fitur keduanya nggak jauh beda, jadi tinggal sesuaikan sama kebutuhan lo.
3. CB400 SF
Selanjutnya, ada Honda CB400 SF, motor touring Honda jadul yang masih digemari. Walaupun pertama kali diproduksi tahun 1992, performanya nggak bisa diremehkan. Motor ini dibekali mesin 4 silinder DOHC 16 valve yang keren abis. Meski cuma 399 cc, sistem pendingin liquid-nya bikin suhu tetap stabil, bahkan pas touring jauh.
SOURCE: Kompas Otomotif
Soal harga, CB400 SF ini lumayan ramah buat lo yang baru mau kenalan sama motor besar, sekitar Rp40—Rp50 juta. Tapi, sayangnya motor ini belum masuk Indonesia, jadi kalau lo kepincut, harus terbang langsung ke Jepang buat beli.
4. BMW R 1250 GS
Buat lo yang doyan touring jarak jauh dengan motor gagah, BMW R 1250 GS ini juaranya! Motor ini bukan cuma nyaman buat lo yang bawa, tapi penumpang juga dimanjain banget.
SOURCE: BMW Motorrad Indonesia
Kenapa? Karena BMW R 1250 GS udah pake suspensi depan telelever dan belakang paralever, plus fitur khusus buat jalan tanjakan yang lebih mantap dari versi sebelumnya. Nggak cuma itu, suspensinya juga bisa diatur secara elektronik, dan ada pemanas kursi buat lo dan penumpang. Mantap, kan?
5. Yamaha Tracer 700 GT
Baca Juga: 17 Istilah Komunitas Motor yang Wajib Lo Tau
Kalau lo suka desain klasik, Royal Enfield Interceptor 650 ini wajib banget lo lirik. Motor ini keren buat lo dan penumpang, dengan kursi panjang, loop fender belakang, dan pasak penumpang yang rendah, bikin motor ini makin stylish.
SOURCE: Plattner Motors
Pakai mesin paralel-twin 648 cc berpendingin udara dan oli, motor ini ngeluarin 47 daya kuda dan torsi 52 Nm. Tenaganya pas banget buat bikin lo senyum lebar tanpa bikin penumpang lo ketakutan, apalagi yang baru pertama kali diajak touring jauh.
6. Triumph Tiger 900 GT Pro
Kalau lo suka turing nyaman sama boncenger, Triumph Tiger 900 GT Pro ini pilihan yang pas banget. Triumph kasih kategori Tiger 900 ini sesuai kemampuan on-road dan off-road. Tiger 900 GT Pro ini emang didesain buat lo yang suka turing bareng.
SOURCE: OTO
Motor ini punya fitur premium kayak shock belakang yang bisa disetel elektronik dan kursi berpemanas buat lo dan boncenger. Ada juga sistem pemantauan tekanan ban yang dirancang khusus buat bawa dua orang. Walaupun ini motor off-road, teman lo bakal tetap nyaman duduk di belakang.
7. Royal Enfield Interceptor 650
Kalau lo mau gabung komunitas motor gede dengan desain klasik, Royal Enfield Interceptor 650 ini pilihan top! Motor ini punya kursi panjang, loop fender belakang, dan pasak penumpang rendah, bikin lo dan temen boncengan lu makin gaya.
Mesin paralel-twin 648 cc berpendingin udara dan oli-nya ngeluarin 47 daya kuda dan torsi 52 Nm. Tenaga segitu cukup bikin lo senyum lebar tanpa bikin penumpang yang baru pertama kali touring jauh jadi takut.
SOURCE: Zigwheels Indonesia
Itu dia 7 motor besar yang jadi favorit komunitas Jakarta. Kalo lo ngefans sama Motor Touring Honda atau pengen tau lebih banyak tentang moge yang bikin lo makin kepincut, jangan ragu buat eksplor lebih lanjut. Setiap motor punya kelebihan dan karakter yang bikin lo pengen ngebut terus.
Biar gak ketinggalan info terbaru seputar otomotif dan komunitas motor keren, langsung aja follow Instagram Bold Riders. Di sana lo bakal dapet update seru dan tips-tips jitu buat lo yang nge-gas di dunia motor. Gaskeun, bro!