Winglet jadi topik hangat di MotoGP. Fairing aerodinamika yang diperkenalkan pabrikan kembali memunculkan kontroversi.
Ducati, Honda, dan Yamaha memperkenalkan fairing aerodinamika terbaru mereka saat tes pramusim Sepang. Berbeda dengan musim sebelumnya, winglet itu kini tidak seperti sebuah pisau tapi lebih menyatu dengan fairing.
Fairing Ducati dan Honda akhirnya diterima. Akan tetapi punya Yamaha ditolak Direktur teknis MotoGP, Danny Aldridge
Pakar teknis Craig Scarborough menjelaskan alasan regulasi tersebut samar dan tidak bisa benar-benar membatasi penggunaan perangkat aerodinamika tersebut.
"Mereka memilki set-up yang sedikit berbeda, dan jauh lebih memanjang di sepanjang motor," ujar Scarborough.
"Danny Aldridge sedikit tidak senang dengan desain ini, dan meminta Yamaha untuk membuat beberapa perubahan. Jadi, Yamaha punya sedikit pekerjaan untuk memastikan mereka memenuhi apa yang mereka harapkan dari peraturan ini".