Ducati sekarang dapat menggunakan perangkat holeshot di hari pertama tes MotoGP Qatar. Sistem holeshot standar pabrikan itu untuk menurunkan dan kemudian mengunci suspensi belakang, membantu akselerasi pada awal perlombaan itu telah digunakan sejak 2018.
Perangkat itu 'prima' dengan memutar sakelar mekanis yang dipasang pada klem tripel, di antara garpu, ketika pengendara keluar di grid.
Namun, pada akhir musim lalu, pembalap Suzuki Alex Rins mengatakan bahwa ia melihat bagian belakang Ducati turun saat melintasi trek lurus selama balapan.
Dengan semua mata tertuju pada kontrol Ducati, sakelar itu terlihat di setang kiri GP20 selama hari pertama tes Qatar.
Menariknya, saklar sekarang memiliki dua tombol berbeda, berwarna merah dan hijau pada beberapa motor. Mungkin satu untuk menurunkan dan mengunci suspensi dan yang lainnya untuk melepaskan perangkat secara manual jika suspensi tidak secara otomatis membuka di bawah pengereman.
Terlepas dari bukti visual, Ducati enggan mengkonfirmasi keberadaan perangkat itu.
"Tidak apa-apa, maaf!" kata Andrea Dovizioso sambil tertawa.
Begitu juga rekan setimnya, Danilo Petrucci yang juga menjawab dengan tersenyum. "Saya tidak ingat, saya tidak tahu!"
Manajer tim Ducati, Davide Tardozzi, mengatakan di situs resmi MotoGP. Ia mengatakan itu adalah inovasi dari Ducati.
"Seperti biasa, Ducati memiliki inovasi. Kami bangga mengatakan bahwa dalam setidaknya lima tahun terakhir kami membawa semua inovasi pada motor di MotoGP," katanya,.