Traksi kontrol MotoGP telah sepenuhnya memberantas throttle brutal era 500cc. Hal itu meningkatkan keselamatan para rider.
Tujuan utama dari kontrol traksi adalah untuk menghentikan roda yang lepas kendali. Bahkan disebut bisa dihilangkan sebanyak 15-20 persen.
Apa saja metode kontrol traksi yang digunakan di MotoGP?
"Pertama, ada campuran perilaku yang dapat dilakukan oleh motor, beberapa yang kita sebut 'cepat' dan yang lain kita sebut 'lambat'. Roda berputar atau kehilangan traksi dianggap sebagai fenomena cepat, berlawanan dengan roda yang lambat," kata MotoGP Director of Technology Corrado Cecchinelli.
"Jika Anda memiliki fenomena cepat, Anda tidak punya pilihan selain bekerja dengan kunci kontak. Karena seberapa cepat mesin berputar dan berapa kali mesin menyala. Cara strategi traksi kontrol bekerja adalah mulai dengan memperlambat kunci kontak, sehingga mesin tetap terasa enak tetapi kurang bertenaga, atau lebih lunak."
"Selanjutnya datang dari pengapian. Jadi mesin menjadi kasar tetapi pemadaman listrik jauh lebih cepat. Lalu akhirnya tiba penutupan throttle, yang sangat tidak efektif dalam mengendalikan traksi," jabarnya.
Menurutnya, secara sederhana tim pabrikan bisa menyetel jumlah dari tiga intervensi tersebut. Ada bagian dari jumlah putaran di mana satu mengambil alih dari yang lain.