Suzuki menjadi satu-satunya pabrikan yang tidak memiliki perangkat teknologi shockbreaker yang bisa mengatur ketinggian di MotoGP. Padahal, perangkat tersebut diklaim bisa mempercepat laju hingga 0,4 detik per putaran.banner-ads

Belum ada terobosan baru dari pabrikan MotoGP karena pembekuan pengembangan. Cara termudah yang masuk akal adalah mengikuti teknologi pengatur ketinggian.

"Suzuki menghitung di setiap lintasan. Misalnya, di Sachsenring kami kehilangan 0,4 detik. Dan di Assen, saya tidak tahu persis, kami pikir, kami kalah 0,3 detik," tutur Alex Rins.

Baca Juga: Joan Mir Mustahil Juara Dengan Suzuki Musim Ini





"Tergantung treknya. Misalnya, di Qatar tanpa perangkat ini, pasti di lintasan lurus yang lain membutuhkan waktu 0,3, 0,4 detik. Di Sachsenring kami merasakannya dalam balapan dan melihat dari kamera helikopter bahwa yang lain menjauh dari Joan dan saya, kami tidak memiliki kesempatan untuk menyalip pembalap di depan."

Mengingat bahwa laga kualifikasi dan melakukan overtaking adalah salah satu kelemahan utama GSX-RR, mudah untuk melihat mengapa para pembalap berusaha keras untuk memiliki perangkat tersebut.

"Pertama-tama, kita harus bekerja untuk memiliki perangkat itu sesegera mungkin, memiliki alat yang sama dengan yang lain," kata Joan Mir.