Aturan aerodinamis MotoGP 2020 banyak direvisi. Hal tersebut bertujuan untuk menutup wilayah abu-abu yang mengakibatkan empat pabrikan saingan memprotes perangkat swingarm Ducati setelah balapan Qatar tahun lalu.banner-ads

Aturan baru ini mengkonfirmasi area tambahan yang berada di bawah aturan Aero Body. Dimensi bodywork juga lebih rinci, sementara uji beban baru telah diperkenalkan untuk mencegah perangkat aerodinamis.

Dalam hal keseluruhan dimensi bodywork MotoGP, ini sekarang lebih spesifik, termasuk area yang runcing, untuk membatasi pertumbuhan bodywork bagian belakang.



Setiap bagian belakang tidak dibatasi oleh batas bodi belakang yang meruncing, tetapi dikenakan batas lebar spesifik 400 mm, dengan satu-satunya pengecualian baut pengangkat roda belakang.

"Penutup swingarm yang cocok dengan permukaan swingarm dan terdapat di dalam swingarm offset 10 mm tidak dianggap sebagai bagian dari aerodinamis, swingarm itu sendiri bukan bagian dari aerodinamis," begitu isi peraturannya.

Aturan baru menyatakan: "Penyesuaian aktif apa pun melalui tautan, bantalan, dan desain apa pun yang memungkinkan perubahan bentuk / orientasi / posisi adalah ilegal."