Soal aerodinamika ternyata masih belum selesai. Buat MotoGP musim 2020, bakal diperkenalkan aturan baru yang memperkuat larangan aerodinamika aktif.banner-ads

Ini jelas mencegah segala bentuk aerodinamika aktif, seperti gerakan sayap mekanis yang dikendalikan oleh daya eksternal. Tetapi tidak ada yang benar-benar kaku dan, seperti pohon yang tertiup angin, setiap bagian dari motor bergerak atau melengkung sampai batas tertentu.

'Aeroelastisitas' dari bodywork dapat dieksploitasi dengan membuat bagian yang sengaja melenturkan lebih dari yang diperlukan, atau mengubah bentuk dengan cara yang menguntungkan, tergantung pada kecepatan motor.

Misalnya, karena tujuan utama sayap adalah untuk mengurangi tekanan roda, desain yang cerdik akan menahan sayap pada downforce maksimum sampai motor mencapai kecepatan di mana roda tidak lagi wheelie.



Sejak saat itu, downforce yang diciptakan oleh sayap tidak diperlukan dan part itu berubah dari manfaat menjadi kerugian, karena justru mengurangi top speed.

Formula1 telah bergulat dengan masalah flex aerodinamik selama bertahun-tahun, termasuk sayap belakang yang menekuk saat kecepatan tinggi dan sayap depan yang lebih rendah ke lintasan. Solusi serupa dengan F1 saat ini akan jadi aturan teknis MotoGP.

"Untuk tahun depan, akan ada aturan baru [untuk membatasi flex] dan kami akan melakukan tes yang tepat," kata manajer Ducati Corse Gigi Dall'Igna kepada Crash.

Direktur teknis MotoGP Danny Aldridge mengkonfirmasi bahwa pengujian baru akan membatasi jumlah kelenturan sayap. Peralatan khusus akan diproduksi untuk melakukan pemeriksaan.