Siapa nih yang udah nggak sabar buat seru-seruan di LA Streetball Battle Royale yang bakal mampir ke Malang? Kali ini ada yang spesial banget, bro! 

banner-ads

Tuan Tigabelas, rapper lokal yang lagi naik daun, bakal ngasih Special Performance yang dijamin bikin kalian semua makin semangat. Dengan gaya khas dan lirik-lirik tajam, Tuan Tigabelas siap bikin malam kalian nggak terlupakan. 

Jadi, siap-siap buat nge-rhyme bareng dan nge-vibe abis di event streetball paling gokil tahun ini! Jangan sampai kelewatan, guys!

Baca Juga: Konser So7 Samarinda, Dapetin Kaos Eksklusif dari Bold Music

Buat lo yang gak tau Tuan Tigabelas, sini gue kenalin sama sosoknya yang keren abis!

Dibalik Nama yang Unik

Musisi Tuan Tigabelas tuh salah satu rapper paling kece yang dimiliki Indonesia sekarang. Banyak banget hal menarik dari cowok yang punya nama asli Upi ini.

Waktu ngobrol santai, Upi cerita alasan dia pakai nama panggung Tuan Tigabelas. Nama itu diambil dari dua kata yang simpel banget dan mewakili hidupnya. Tuan karena dia cowok, dan Tigabelas karena itu tanggal lahirnya. Sesimpel itu kenapa dia pilih nama Tuan Tigabelas.

Tapi, Upi punya filosofi sendiri dari namanya. Dia pengen ubah citra angka 13 yang biasanya dikenal sebagai angka sial. Menurut Upi, angka 13 itu sering dapet image buruk, dan dia pengen ubah itu jadi sesuatu yang positif lewat musiknya.

SOURCE: @tuantigabelas Instagram

Pemain Streetball Sejak 2005

Sambil nge-rap, Tuan Tigabelas juga jadi pemain basket streetball buat tim Jakarta dari tahun 2005. Posisinya point guard atau playmaker, dan doi dijuluki "best kept secret." Kalo udah dapet julukan di dunia streetball, itu berarti lo udah diakui banget.

Baca Juga: Keseruan Konser Sheila On 7 di Samarinda

Streetball jadi salah satu jalan Tuan Tigabelas buat deket sama hip hop. Hampir di setiap pertandingan streetball, pasti ada kompetisi rap battle. Menurut dia, rap battle di pertandingan basket itu hal yang wajar, karena olahraga itu emang punya hubungan erat sama hip hop.

Sejarah Kenal Hip Hop

Tuan Tigabelas sendiri mulai kenal hip hop gara-gara band Korn sama lagu "Children of The Korn" yang kolaborasi sama Ice Cube. Dari situ, dia jadi makin ngeh kalau hip hop bisa nyambung ke berbagai genre musik, dan mulai kenal musisi legend kayak Tupac sama Snoop Dogg. 

Perjalanan hip hop-nya beneran dimulai pada 2009 waktu dia mulai nulis lagu sendiri, dan dua tahun kemudian bikin band Rebel Education Project (REP). REP rilis album perdana tahun 2014 di bawah label Demajors, dan itu bawa mereka masuk ke komunitas hip hop underground. 

Sambil sibuk bermusik, Tuan Tigabelas juga kerja jadi kontraktor acara buat ngidupin keluarganya, sampai akhirnya di 2016 dia fokus solo karier setelah dapet izin dari istri.

Lagu "On My Mind" jadi debut Tuan Tigabelas, diikuti single "Hash of Haydar," "Do It," "WestWew," dan "Count Your Blessing." Dia juga sempat nulis dan rekam lagu buat album perdana "Harimau Soematra" yang rilis Juli lalu. 

Baca Juga: Nih Prediksi Set List Konser Bruno Mars

Album yang banyak kritik sosial itu sukses dan dapet respons positif, tapi istrinya ngingetin kalau perjuangan ini belum selesai.


SOURCE: @tuantigabelas Instagram

Lagu-Lagu Hits Tuan Tigabelas

Buat lo yang penasaran, sini gue kasih tau lagu-lagu hits Tuan Tigabelas yang kemungkinan bakal dibawain pas di acara di LA Streetball Battle Royale Malang.

  1. Move
Lagu ini bener-bener powerful dengan lirik yang penuh self confidence. Di sini, Tuan Tigabelas ngenalin diri sebagai rapper yang kritik rapper imitasi yang cuma gaya-gayaan tanpa paham kultur dan perjuangan hip hop.

Liriknya sendiri bunyinya kaya gini:

“Move! Aku harimau Sumatera, jika ku datang kau nyalakan tanda bahaya
Move! Jangan pernah coba coba kau kan pulang penuh luka lalu kau nangis di rumah (jadi)
Move! Sudah jangan banyak gaya jagoan sosmed penipu di dunia maya
Move! Ingatlah ku punya nama jangan lupa cium tangan lain kali tatap muka”

       2. Last Roar

Lagu ini nyeritain Harimau Sumatera yang mulai punah gara-gara ulah manusia cari untung dari hutan. Kritik keras buat para pembakar hutan dan pemburu yang ngabisin hewan dilindungi demi uang.

“Dulu ku makhluk legenda mereka bahkan sebut aku raja
Tapi kini ku dimangsa statusku dalam bahaya
Hutanku ditebang, dibakar, digusur untuk kelapa sawit
Nama Tuhan kalian profit, kau buat hutan sakit
Tanahku gundul, kering, tak subur, lihatlah kalian bandit
Kalian kejar benefit dan kau buat bumi menjerit”

       3. Buta


Lagu ini ngebahas isu sosial yang lagi hits di sekitar kita. Apa yang ada di berita jadi inspirasi Tuan Tigabelas buat bersuara. Lagu ini juga jadi refleksi tentang posisi kita sebagai manusia di tengah carut-marut lingkungan sosial.

“Sudut pandang kita sudah dimonopoli, penuh disinformasi,
Penggirian opini, kurangnya edukasi, kita terprovokasi
Mulai tersulut lalu mulai ada api, manusia dikaca harus direformasi
Karena perubahan dimulai dari diri sendiri”

       4. Skills Pay the Bills

Ini jadi salah satu lagu dari Tuan Tigabelas yang penuh dengan vibe positif. Lagu ini ceritanya tentang pentingnya percaya sama cita-cita dan terus berkarya. Tuan Tigabelas pengen nyemangatin semua orang berbakat buat tetap bertahan dan hidup dari bakat mereka.

“Mereka tanya saya upi emang gimana?
Apa bener dari musik engkau bisa kaya?
Teman jika kau ukur kaya dengan bahagia
Maka kau bisa panggil diriku orang paling kaya”

       5. Juragan dan Tuan

Lagu ini punya vibe yang mirip sama 'Move.' Liriknya penuh self confidence dan nyindir rapper abal-abal yang gak punya skill. Diksi tajam ditambah beat klasik hip hop 80-90an bikin makin mantap.

“Kalian sibuk pamer lalu hasil apa yang mau dipupuk
Kau dan kolektifmu bikin hiphop terlihat buruk
Kumasih tulis lirik waktu ayam kukuruyuk
Sedang kau cuma sibuk diam terduduk
Jual musik tapi lirik asal asalan
Yang penting bisa joget aksenmu berantakan
Orang buta pun tau kalian jual bualan
Jadi kudatang dan kalian mulai gelagapan.”

Baca Juga: Nike Kobe 4 Protro: Sepatu Basket yang Ditunggu-tunggu 2024!

Nah itu dia profil dan fakta dari Tuan Tigabelas yang bakal jadi special performance di LA Streetball Battle Royale goes to Malang! Buat lo yang penasaran, lo bisa dateng ke acara ini yang bakal diadain tanggal 3 Agustus 2024 di Gor Bimasakti. Selain ada individual challenge, 3 on 3, street art, rap battle, dan street dance, pastinya ada penampilan keren dari Tuan Tigabelas!

Pendaftaran lombanya juga masih dibuka, buruan isi form di bit.ly/LASBBattleRoyale atau klik link di bio @la_streetball. Let’s Gooo!