lagi-lagi film tentang perkembangan dunia digital bikin Facebook geram. Film yang sudah beredar di Netflix pada 9 September lalu, The Social Dilemma bikin raksasa media, Facebook murka.
Penyebabnya, dokumenter yang mengisahkan media sosial termasuk Facebook sendiri dianggap terlalu sarat sensasi dan subyektif.
Facebook juga menilai The Social Dilemma terlalu membuat opisi sesat atas perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg tersebut.
Mereka juga menilai The Social Dilemma membawa kambing hitam ke perusahaan Facebook atas masalah sosial dan kecanduan medsos hari ini.
Meski memang tak cuma Facebook, tetap saja, ini menjadi terlalu menjurus pada mereka. Begitu pandangan Facebook.
Selain masalah-masalah adiksi, The Social Dilemma juga mengeksplor problematika penyebaran hoax, teori konspirasi, manipulasi pemilu sampai algoritma iklan yang merugikan privasi usernya.
Dulu, Facebook juga memperkarakan The Social Network yang menceritakan Mark Zuckerberg membangun Facebook. Padahal film yang dibintangi Jesse Eisenberg sampai Andrew Garfield itu memperoleh banyak penghargaan.