LAzone
Movie

5 Film Keren Buat Lo Memaknai Nilai-Nilai Pancasila!

  • 03 June 2019
  • 425 views

Gue mau ngasih lo rekomendasi film yang keren abis untuk meningkatkan kecintaan, rasa persatuan dan penghayatan akan Pancasila.

LAZONE.ID -

Pancasila emang udah jadi harga mati untuk jadi falsafah bangsa dan acuan hidup kita sebagai orang Indonesia, Bro. Lima poin pentingnya emang udah dirancang sedemikian rupa sebagai tuntunan lo, gue, dan kita semua untuk bersatu, sebagai bangsa Indonesia.

Rasa kecintaan dan persatuan yang termasuk dalam nilai-nilai Pancasila terus digaungkan untuk masyarakat agar selalu aware dan paham akan nilai-nilai itu. Salah satu cara menanamkan nilai nya adalah lewat film melalui sineas berbakat bangsa ini. Nah, makanya sekarang gue mau ngasih lo rekomendasi film yang keren abis untuk meningkatkan kecintaan, rasa persatuan dan penghayatan akan Pancasila. Simak yang berikut ini, Bro!  

Soekarno

Ini adalah film bergenre biopic yang menceritakan kisah hidup sang patriot mantan Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno. Film ini berusaha menceritakan gimana perjuangan Soekarno yang diperankan oleh Ario Bayu untuk memperjuangkan hak-hak dan kedaulatan Indonesia ketika dijajah Belanda dan Jepang. Tentunya dalam film ini juga diceritakan upaya heroik Soekarno dan kawan-kawan untuk mewujudkan proklamasi. Film ini bakal berhasil banget bikin lo bisa menghayati jasa para pahlawan dan nilai-nilai Pancasila tentunya.

Trilogi Merdeka

Salah satu daftar wajib yang lo kudu tonton sebagai orang Indonesia adalah tiga buah film atau trilogi Merdeka yang terdiri dari Merah Putih, Merah Putih 2 dan Hati Merdeka. Film ini menceritakan kisah para pejuang Indonesia melawan tentara Belanda yang dipadu dengan aksi laga yang keren dan diperankan oleh aktor kenamaan Indonesia. Nilai-nilai yang bisa diambil adalah walau berbeda para tentara tetap bersatu demi kemerdekaan. Merdeka!

Tanah Air Beta

Film ini menceritakan tentang terpisahnya keluarga akibat pelepasan Timor Timur pada tahun 1998. Nilai-nilai persatuan dan Pancasila akan sangat ketara kerasa dalam film ini. Hal itu bisa lo liat ketika karakter Tatiana dan anaknya lebih memilih ke Kupang, NTT, karena tetap ingin jadi bagian dari bangsa Indonesia. Jadi renungan seperti apapun kamu, Indonesia adalah rumah untuk semua orang dengan berbagai latar belakang.

Tiga Srikandi

​​​​​​

Nilai-nilai pancasila gak selalu harus ditemui di medan pertempuran. Dalam dunia olahraga pun, khususnya soal perjuangan para atlet terbaik Indonesia berlaga di ajang Internasional, nilai perjuangan dan Pancasila pun bisa memancar. Hal itu ada di film 3 Srikandi yang menceritakan 3 atlet putri panahan Indonesia yang berhasil meraih medali perak pada ajang Olimpiade Seoul 1988. Perbedaan prinsip dan konflik yang awalnya dimiliki oleh tiga atlet itu hingga mereka jadi salah satu juara sangat mencerminkan nilai persatuan Pancasila.

LIMA

Untuk lo yang pengen tau makna Pancasila secara lebih dalam film berjudul LIMA wajib jadi list tontonan. Film ini dikemas sedemikian rupa dan menarik khusus buat kita para millennial untuk lebih menghayati makna Pancasila. Film ini mengingatkan bahwa perbedaan dan konflik yang ada diantara kita bisa diselesaikan dengan kunci persatuan dan saling menerima perbedaan sebagai anugerah.

Nah, dari daftar film di atas lo udah nonton yang mana aja nih, Bro? Atau udah nonton semua? Yang pasti di hari lahirnya Pancasila ini satu yang kita harus pegang yaitu rasa cinta akan bangsa, persatuan, dan kelapangan dada untuk menerima perbedaan. Karena beda itu kita! Selamat Hari Lahir Pancasila, Bro!

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...